THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Jumat, 28 Mei 2010

Selasa, 25 Mei 2010
TRIK DAN TIPS MENGATASI KEJAHATAN BANK MELALUI INTERNET

Penipuan di Internet sekarang merajalela, jika Anda tidak mengetahuinya, kemungkian Anda akan menjadi korban. Para penipu ini bisa mengambil uang kita dengan berbagai cara atau memfitnah kita. Yang jelas sangat merugikan kita. Penipu biasanya memanfaatkan goncangan psikologis dan membuat orang mengabaikan akal sehat.

1. Undian Berhadiah
* Sering sekali ada orang yang menerima email berisi Anda memenangkan undian berhadiah. Bisa dari Yahoo, Microsoft, atau yang lain. Jangan mempercayai email ini. Jika Anda penasaran sekali, kontak langsung Yahoo atau Microsoft atau siapapun yang dikabarkan dalam email tersebut akan memberi hadiah.
* Pencegahan: Jangan percaya apalagi transfer uang terlebih dahulu sebelum Anda memastikan kebenaran undian berhadiah.
2. Bisnis Palsu
* Bisnis ini biasanya MLM (Anda harus merekrut member). Termasuk di dalam kategori ini adalah HYIP (High Yield Investment Program). HYIP bukan bisnis investasi tetapi permainan uang.
* Pencegahan: Mendapatkan uang dengan mudah itu tidak ada. Selidiki siapa yang menyelenggrakan bisnis tersebut (alamat, badan hukum) jika akan bergabung dengan suatu bisnis..
3. Phising
* Phising adalah teknik penipuan untuk mencuri password Anda atau informasi pribadi Anda. Pelaku phising sering membuat website palsu yang mirip dengan aslinya, sehingga korban memasukkan nomor rekening dan password di website penipu.
* Pencegahan: jangan mengklik link di email, selalu periksa URL sebelum login. Misalnya jika mau login ke yahoo mail, pastikan URL-nya mail.yahoo.com.
4. Program Pay To
* Anda mendapat tawaran untuk mengikuti program yang akan membayar Anda jika Anda mengklik email atau banner. Diantaranya memang mereka membayar Anda, namun sebagian besar mereka tidak membayar Anda. Ciri-ciri penyelenggara bisnis ini yang menipu adalah jika mereka menyaratkan Anda harus memperoleh poin sejumlah tertentu (misalnya 100 USD) sebelum mereka membayar Anda. Kenyataannya, poin Anda tidak pernah mencapai jumlah ini.
* Pencegahan: Tidak mengikuti program ini, kalau Anda tertarik mengikuti, selalu memeriksa forum yang membahas program tersebut dan mencari tahu apakah membernya dibayar.
5. Piramida Uang
* Mirip MLM tapi tanpa produk. Anda diminta untuk mentransfer uang ke nama nomer pertama, Anda masuk ke nomor terakhir. Anda diminta menyebarkan email tersebut ke banyak orang. Bisnis seperti ini tidak berjalan dan hanya membuang waktu Anda.
* Pencegahan: Tidak mengikuti bisnis piramida uang.
6. Pencucian Uang
* Anda mendapat email bahwa ada harta warisan yang perlu dicairkan. Anda diminta membantu dengan menyediakan rekening bank untuk ditransfer. Uangnya sebenarnya tidak ada, kalaupun ada dan ditransfer ke rekening Anda, uang itu adalah hasil curian dan Anda akan berurusan dengan hukum.
* Pencegahan: Jangan pernah tergiur dengan penawaran ini.
7. Hacking & Cracking
* Anda tiba-tiba tidak bisa login di email, password salah terus! Padahal Anda merasa tidak pernah mengganti password. Atau E-gold atau paypal Anda tiba-tiba habis ada yang menguras. Pelakunya adalah hacker atau cracker yang mencuri password Anda dan mentransfer ke rekening mereka.
* Pencegahan: Selalu memasang antivirus dan tidak mengakses rekening online di warnet, selalu gunakan komputer pribadi jika Anda harus mengakses rekening online.
8. Software yang berisi virus / trojan
* Anda mendownload software dan merasa nyaman menggunakannya. Tiba-tiba rekening Anda ada yang membobol.
* Pencegahan: Selalu gunakan antivirus terbaru yang sudah diupdate ketika membuka Internet.
9. Penyedia layanan email palsu
* Anda mendapat email yang berisi iklan bahwa ada sebuah layanan email yang sangat fantastis, misalnya tanpa batasan kapasitas, anonim, bahkan Anda akan mendapat dollar jika registrasi. Itu semua bohong. Jika Anda menggunakan email tersebut, maka data-data pribadi Anda akan dicuri oleh penyedia email palsu tersebut.
* Pencegahan: Jangan mendaftar email ke tempat yang tidak dapat dipercaya, gunakan yahoo ataugmail yang terpercaya.
10. Email palsu (Fake Mail)
* Anda mendapat e-mail seolah-olah dari admin yahoo, admin e-gold atau paypal. Email ini menyatakan Anda harus login untuk verifikasi data. Anda sangat terkejut dan segera membuka link yang ada dalam pesan email tersebut. Anda diminta memasukkan password Anda. Jika ini terjadi berarti Anda telah tertipu, karena mengirimkan password ke hacker / cracker.
* Pencegahan: Jangan mengklik link dalam email, apalagi setelah Anda klik, Anda harus memasukkan password Anda. Ini halaman palsu.
11. Email Berantai (Chain / Hoax Letter)
* Anda pasti sering mendapatkan email yang menganjurkan untuk meneruskan pesan (forward) tersebut ke orang lain. Mungkin ada ancaman atau Anda ingin membantu seseorang, atau dengan meneruskan email tersebut Anda akan mendapatkan hadiah. Hampir semua email berantai adalah bohong. Hanya membuang waktu Anda.
* Pencegahan: Jangan meneruskan email yang menyarankan Anda untuk meneruskan email kepada orang lain.
*
5 tips untuk Melindungi Identity Keuangan
1. Dapatkan lebih baik, password kuat dan mengubahnya setidaknya dua kali setahun.
2. Dapatkan software keamanan , dan update dan patch secara teratur.
3. Berhenti dan berpikir sebelum Anda mengklik link atau lampiran dari sumber yang tidak dikenal.
4. Informasi yang berharga. Berhati-hatilah tentang apa yang Anda berikan jauh tentang diri Anda dan orang lain secara online.
5. Log on ke www.staysmartonline.gov.au untuk informasi lebih lanjut dan untuk mendaftar untuk layanan email peringatan.
1.
Internet Security tips
1.

Berikut adalah 12 cara yang Anda dapat lebih melindungi diri dengan keamanan internet ditingkatkan dan meningkatkan kesadaran akan bahaya penipuan kartu kredit:
1. Pastikan Anda menjaga komputer Anda aman. Membatasi akses ke orang-orang yang bisa dipercaya 100%.Bahkan saat itu, tidak mengungkapkan sandi ke siapa pun yang tidak memiliki alasan untuk mengenal mereka.
2. Jangan pernah mengirimkan rincian kartu kredit Anda melalui email. Email account dapat hacked, dan ini akan menjadi serangan mudah bagi siapa saja dengan pengetahuan yang diperlukan untuk keamanan email by-pass internet. Bank PERNAH meminta Anda untuk mengirim rincian keamanan Anda melalui email. Jika Anda menerima email yang mengaku dari bank Anda meminta rincian tersebut, itu adalah scam.
3. Demikian pula, jangan login ke situs web bank seharusnya melalui link dalam email. Ini adalah "klasik phishing" scam, di mana Anda diminta untuk me-reset keamanan bank Anda fitur karena mereka telah diganggu. Tidak, keamanan internet anda belum dikompromi, tetapi akan jika Anda mengikuti instruksi mereka. Link pada email ini palsu akan mendarat Anda pada halaman yang identik dengan bank Anda, tapi jangan tertipu. Juga, jangan membuka email yang tidak Anda kenal, terutama jika itu berisi lampiran. Hal ini bisa menjadi virus yang bisa menginstal perangkat lunak keylogging jauh ke dalam komputer Anda yang melacak penekanan tombol Anda ketika Anda melakukan transaksi keuangan swasta.
4. Selalu log out dari account online Anda ketika Anda selesai untuk menjaga keamanan internet, bukan hanya menutup browser. Hal ini terutama terjadi di tempat kerja, perpustakaan, dan kafe internet, walaupun Anda tidak harus benar-benar melakukan transaksi keuangan dari manapun tetapi dijamin lokasi - lokasi internet yang umum tidak.
5. Melakukan segala upaya untuk hanya hanya berurusan dengan pedagang didirikan dan terkemuka.
6. Hanya melakukan pembayaran di situs Web aman. Anda dapat memverifikasi ini dengan mencari simbol gembok di-bawah kanan browser Anda, dan memeriksa bahwa alamat web telah berubah menjadi "https" dari "http".
7. Jika Anda tidak terbiasa dengan sebuah situs web dan memiliki keraguan, melakukan Googling sedikit untuk memeriksa tidak ada cerita buruk tentang mereka pada setiap forum. Atau pergi ke tempat lain; internet menawarkan banyak pilihan.
8. Jauhkan menutup mata pada account Anda dan melaporkan setiap perbedaan segera.
9. Jangan menggunakan "mengingat opsi sandi saya" pada perbankan dan situs belanja. Hal ini memungkinkan setiap orang dengan akses ke komputer Anda untuk mendapatkan langsung melalui ke rekening bank Anda.Ingat: password ada karena suatu alasan.
10. Menjaga Anda keamanan internet dengan mengubah password Anda secara berkala.
11. Segera membatalkan kartu apapun yang Anda yakini telah digunakan curang .
12. Periksa kebijakan privasi dari setiap pedagang online sebelum Anda membeli dari mereka. rincian Anda harus dilindungi dan tidak disampaikan dengan cara apapun kepada pihak


jeni-jenis kejahatan jual beli di internet

CARDING
Carding adalah berbelanja menggunakan nomor dan identitas kartu kredit orang lain, yang diperoleh secara ilegal, biasanya dengan mencuri data di internet. Sebutan pelakunya adalah Carder. Sebutan lain untuk kejahatan jenis ini adalah cyberfroud alias penipuan di dunia maya.

Menurut riset Clear Commerce Inc, perusahaan teknologi informasi yang berbasis di Texas – AS , Indonesia memiliki carder terbanyak kedua di dunia setelah Ukrania.

Sebanyak 20 persen transaksi melalui internet dari Indonesia adalah hasil carding.

Akibatnya, banyak situs belanja online yang memblokir IP atau internet protocol (alamat komputer internet) asal Indonesia. Kalau kita belanja online, formulir pembelian online shop tidak mencantumkan nama negara Indonesia. Artinya konsumen Indonesia tidak diperbolehkan belanja di situs itu.

Menurut pengamatan ICT Watch, lembaga yang mengamati dunia internet di Indonesia, para carder kini beroperasi semakin jauh, dengan melakukan penipuan melalui ruang-ruang chatting di mIRC. Caranya para carder menawarkan barang-barang seolah-olah hasil carding-nya dengan harga murah di channel. Misalnya, laptop dijual seharga Rp 1.000.000. Setelah ada yang berminat,carder meminta pembeli mengirim uang ke rekeningnya. Uang didapat, tapi barang tak pernah dikirimkan.

HACKING
Hacking adalah kegiatan menerobos program komputer milik orang/pihak lain. Hacker adalah orang yang gemar ngoprek komputer, memiliki keahlian membuat dan membaca program tertentu, dan terobsesi mengamati keamanan (security)-nya. Hacker memiliki wajah ganda; ada yang budiman ada yang pencoleng.

Hacker Budiman memberi tahu kepada programer yang komputernya diterobos, akan adanya kelemahan-kelemahan pada program yang dibuat, sehingga bisa “bocor”, agar segera diperbaiki. Sedangkan, hacker pencoleng, menerobos programorang lain untuk merusak dan mencuri datanya.

CRACKING
Cracking adalah hacking untuk tujuan jahat. Sebutan untuk cracker adalah hacker bertopi hitam (black hat hacker). Berbeda dengancarder yang hanya mengintip kartu kredit, cracker mengintip simpanan para nasabah di berbagai bank atau pusat data sensitif lainnya untuk keuntungan diri sendiri.

Meski sama-sama menerobos keamanan komputer orang lain, hacker lebih fokus pada prosesnya. Sedangkan cracker lebih fokus untuk menikmati hasilnya.

Pekan lalu, FBI bekerja sama dengan polisi Belanda dan polisi Australia menangkap seorang cracker remaja yang telah menerobos 50 ribu komputer dan mengintip 1,3 juta rekening berbagai bank di dunia. Dengan aksinya, cracker bernama Owen Thor Walker itu telah meraup uang sebanyak Rp1,8 triliun. Cracker 18 tahun yang masih duduk di bangku SMA itu tertangkap setelah aktivitas kriminalnya di dunia maya diselidiki sejak 2006.

DEFACING
Defacing adalah kegiatan mengubah halaman situs/website pihak lain, seperti yang terjadi pada situs Menkominfo dan Partai Golkar, BI baru-baru ini dan situs KPU saat pemilu 2004 lalu. Tindakan deface ada yang semata-mata iseng, unjuk kebolehan, pamer kemampuan membuat program, tapi ada juga yang jahat, untuk mencuri data dan dijual kepada pihak lain.

PHISING
Phising adalah kegiatan memancing pemakai komputer di internet (user) agar mau memberikan informasi data diri pemakai (username) dan kata sandinya (password) pada suatu website yang sudah di-deface. Phising biasanya diarahkan kepada pengguna online banking. Isian data pemakai dan password yang vital yang telah dikirim akhirnya akan menjadi milik penjahat tersebut dan digunakan untuk belanja dengankartu kredit atau uang rekening milik korbannya.

SPAMMING
Spamming adalah pengiriman berita atau iklan lewat surat elektronik (e-mail) yang tak dikehendaki. Spam sering disebut juga sebagai bulk email atau junk e-mail alias “sampah”. Meski demikian, banyak yang terkena dan menjadi korbannya. Yang paling banyak adalah pengiriman e-mail dapat hadiah, lotere, atauorang yang mengaku punya rekening di bank di Afrika atau Timur Tengah, minta bantuan netters untuk mencairkan, dengan janji bagi hasil.

Kemudian korban diminta nomor rekeningnya, dan mengirim uang/dana sebagai pemancing, tentunya dalam mata uang dolar AS, dan belakangan tak ada kabarnya lagi. Seorang rektor universitas swasta diIndonesia pernah diberitakan tertipu hingga Rp1 miliar dalam karena spaming seperti ini.

MALWARE
Malware adalah program komputer yang mencari kelemahan dari suatu software. Umumnya malware diciptakan untuk membobol atau merusak suatu software atau operating system. Malware terdiri dari berbagai macam, yaitu: virus, worm, trojan horse, adware, browser hijacker, dll. Di pasaran alat-alatkomputer dan toko perangkat lunak (software) memang telah tersedia antispam dan anti virus, dan anti malware .

Meski demikian, bagi yang tak waspadai selalu ada yang kena. Karena pembuat virus dan malware umumnya terus kreatif dan produktif dalam membuat program untuk mengerjai korban-korbannya.
Diposkan oleh dini bandar di 02:17
0 komentar:

Poskan Komentar

0 komentar: