THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Kamis, 16 April 2009

artikel 06

logo tribun
10 Foto Terbaru
Mobil Sulit Dihidupkan, Bagaimana Mengatasinya?
Sabtu Pahing, 15 Nopember 2008

Sulit di-starter atau mesin tidak mau hidup kerap menjadi masalah tersendiri
bagi mobil pribadi seseorang, apalagi bila ternyata si pemiliknya sama sekali
tidak mengerti bagaimana merawat mobil.

Jangan sampai Anda menjadi salah
satu diantara mereka yang buta teknologi, sebab mati mesin tak jarang terjadi
di saat Anda sama sekali tidak mengharapkannya (misalnya menjelang rapat
penting). Untuk itu, simak tips- tips berikut ini.

Hal pertama yang perlu diketahui adalah sistem kelistrikan mobil, konvensional
ataukah mobil modern yang sudah menggunakan CDI (dalam arti serba elektronik). Bila mobil Anda
telah menggunakan sistem serba elektronik, jangan berusaha untuk membetulkannya secara
manual karena sistem ini membutuhkan ahli mekanik yang handal serta peralatan yang hanya ada
di bengkel-bengkel mobil.

Biasanya ada dua hal yang menjadi penyebab mobil tidak bisa di- starter,
pertama adalah karena aki yang sudah dalam kondisi kurang bagus sistem
kelistrikannya. Kedua adalah karena supply listrik pada dinamo pada sistem
pengapian konvensional. Platina mungkin sudah tidak baik. Kalo teknologi yang
lebih maju, mungkin karena CDI. Kalou udah masalah CDI, perlu ke bengkel
karena udah rumit dan sulit ditangani sendiri.

Di permukaan atas dari aki ada indikator yang menunjukkan kondisi terakhir dari aki. Bisa nunjukkin kondisi aki
bagus/rusak, atau air aki kosong. Kalo udah diperiksa tapi mobil masih tidak bisa dihidupkan, hal itu bisa jadi disebabkan karena platina dan kondensor. Masalah biasanya pada plat yang terdapat di platina. Kalo tonjolannya sudah
kusam berarti berarti tidak bisa menangkap percikan listrik. Supaya platina bisa kembali berfungsi
dengan baik, gunakan amplas untuk menghapus debu/flek yang menempel. Bila sudah selesai,
pasang kembali pada posisi semula. Platina yang telah dibersihkan biasanya akan mampu
memancing percikan api sehingga kembali besar, Bila tidak, berarti platina sudah tidak bisa dipakai
dan harus diganti.

Langkah berikutnya adalah melakukan pemeriksaan boks sekring. Perhatikan apakah sekring yang
telah terpasang masih utuh atau tidak. Kalau kawat sambungannya sudah putus, berarti sekring
sudah harus diganti. Untuk keadaan darurat, Anda bisa memakai kawat atau serabut kabel untuk
dipasang sementara pada sekring tersebut. Hal ini tidak direkomendasikan sebagai solusi
permanen, karena itu ganti secepatnya dengan membawa mobil ke bengkel.

Hal terakhir yang biasa menjadi biang keladi mesin mobil tidak bisa di- starter
adalah karena suplai bahan bakar/udara yang kurang pada sistem karburator
(dalam hal ini berarti saringan karburator kotor). Periksa saringannya, cabut
filter- nya dan bersihkan dengan kuas atau sikat gigi. Jangan gunakan alat
pemanas seperti hair-dryer dan sejenisnya, karena hal tersebut bisa merusak
dinding saringan udara.


Bila semuanya sudah dilakukan dan tidak ada perkembangan, tidak bisa tidak,
bawalah mobil Anda ke bengkel terdekat. Jangan-jangan, kerusakan bukan hanya pada aki atau
platina Anda

Pengirim : admin situs gudangmobil.com
Sumber : www.indosiar.com
Dilihat : 3109 Kali

Baca Juga
klik untuk lihat detail
Index Artikel
klik untuk lihat detail Tenaga Kendor Akibat Knalpot Bocor
klik untuk lihat detail Mobil Sulit Dihidupkan, Bagaimana Mengatasinya?
klik untuk lihat detail Kendaraan Konstan, Hemat BBM
klik untuk lihat detail Perawatan Pintu Mobil
klik untuk lihat detail Merawat Cat Mobil
klik untuk lihat detail Tips Mudik Aman dan Nyaman
klik untuk lihat detail Aman Berkendaraan di saat Hujan
klik untuk lihat detail Berkendara saat Hujan dan Banjir
klik untuk lihat detail 7 Tips Bebas dari Tipuan Mobil Eks Banjir
klik untuk lihat detail Tips Merawat Mobil di Musim Hujan(2)
klik untuk lihat detail Tips Merawat Mobil di Musim Hujan
klik untuk lihat detail Kapan Waktu Tepat Spooring Roda Mobil
klik untuk lihat detail Tips Mengganti Sendiri Oli Mesin Mobil Anda
klik untuk lihat detail Beberapa Tips Tambahan untuk AC Mobil
klik untuk lihat detail Trik Cegah Pembengkakan Biaya Operasional Mobil
klik untuk lihat detail Mengapa Harus Freon R-134 ?
klik untuk lihat detail Mengenal Teknologi Accu
klik untuk lihat detail Agar AC Mobil Anda Tetap Baik & Nyaman
klik untuk lihat detail 11 Petunjuk Beli Mobil Bekas
klik untuk lihat detail Kredit Kepemilikan Mobil - Teliti Sebelum Memutuskan
klik untuk lihat detail Pilih Busi Benar, Mobil Lancar
klik untuk lihat detail Cara Agar Wiper Tidak Mengeras
klik untuk lihat detail Perawatan AC Mobil - praktis
klik untuk lihat detail Tips Merawat Transmisi Otomatis
klik untuk lihat detail Tips Membeli mobil
klik untuk lihat detail Tips Beli Mobil Baru
klik untuk lihat detail Tips Membeli mobil bekas
klik untuk lihat detail Tips Pintar Hemat Bahan Bakar
klik untuk lihat detail Hemat BBM dengan Mobil Hibrida (1 liter = 25)

Info :
www.gudangmobil.com (©) 2008

0 komentar: